Minggu, 24 Oktober 2010

Kebiasaan Bangun Pagi Menambah Kecerdasan

adicita.com


Kebijakan Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah ( Dikdasmen ) kota Jakarta yang memberlakukan jam masuk sekolah pukul 06.30 ditanggapi beragam oleh pelajar khususnya kalangan pelajar SMA. Sebagian besar dari mereka mengeluhkan kebijakan tersebut. Mereka beralasan jam tidur mereka berkurang dan menyebabkan mereka susah untuk bangun pagi. Padahal, ada rahasia dibalik bangun pagi yang mungkin menjadi salah satu kiat sukses untuk belajar. Rahasia ini sudah dirintis oleh Rasulullah sejak 14 abad yang lalu dan sudah dibuktikan secara ilmiah.

alatkesehatanjogja.com

Rasulullah sangat gemar membangunkan sahabatnya untuk shalat Shubuh berjamaah di Masjid Nabawi. Dr. Alexander Bruce, seorang peneliti dari Jerman menemukan bahwa kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya di waktu Shubuh dan perlahan – lahan menipis hingga matahari terbit. Gas ozon ini mampu memperlancar peredaran darah, mencegah kerusakan paru – paru, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Menarik napas panjang pada pagi hari dapat memeperlancar aliran darah menuju otak dan suplai oksigen ke otak lebih cepat, sehingga otak dapat berpikir lebih cepat.

ndulaylay.deevianart.com

Penelitian menunjukkan bahwa irama otak berfungsi paling baik sesudah tidur malam. Tidur merupakan penyegaran otak paling alami. Pemahaman, wawasan dan penguasaan masalah rumit akan lebih mudah dihadapi pada pagi hari setelah otak istirahat total pada malam hari. Pada pagi hari juga diproduksi hormon pertumbuhan yang penting untuk memperbaiki kualitas dan daya guna otak. Hormon ini meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak yang membuat sel – sel syaraf menyimpan memori permanen. Kebanyakan hormon pertumbuhan diproduksi saat tidur sebelum tengah malam.

m.kapanlagi.com

Hormon lain yang puncak produksinya dari tengah malam hingga Shubuh adalah hormon cortisol. Cortisol membantu menghadapi stresor (penyebab stres) pada pagi hari, mengurangi peradangan dan keletihan. Jika kita bengun siang, wajah menjadi keriput dan dahi berkerut karena kekurangan hormon cortisol.

ustadchandra.wordpress.com

Dalam Q.S. Al-Muzamil ayat 5, Allah memerintahkan untuk bangun di sepertiga malam. Di waktu inilah Allah memudahkan otak kita untuk memahami pelajaran. Allah berfirman bahwa Allah akan menurunkan perkataan yang berat di siang hari yang sulit untuk kita mengerti. Tidak heran jika pelajar yang kerap bangun jam 3 untuk menunaikan shalat sunah Tahajud kemudian meneruskan untuk belajar, maka pemahamannya akan lebih mudah dan hafalannya juga akan lebih kuat. Jadi, jangan mengeluh dengan kebijakan masuk sekolah pukul 06.30  dan juga jangan malas bangun pagi. Karena bangun pagi selain melatih kedisiplinan, juga menambah kecerdasan.

( Sumber : Majalah Muslimah, edisi 2004 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar